Perbedaan antara sales dan marketing

25 Juli, 2008

Apa bedanya menjual dan memasarkan? Pengertian kedua istilah itu memang suka rancu. Apalagi perusahaan pada umumnya lebih suka memakai marketing executive ketimbang salesman untuk tenaga penjualannya. Alasannya, ‘salesman’ berkonotasi negatif di benak konsumen ketimbang ‘marketing executive’ yang kedengarannya lebih mentereng.

Padahal peran sales sama pentingnya dengan marketing. Memang keduanya sama-sama ‘jualan.’ Perbedaannya, adalah sales benar-benar berjualan dalam arti yang sebenarnya yakni mendatangkan uang. Sales berusaha membuat transaksi: memindahkan uang dari kantong konsumen masuk ke kas perusahaan. Key Performance Indicator (KPI) utamanya adalah target penjualan.

Sementara itu pengertian jualan di marketing lebih pada meraih perhatian, pikiran dan hati konsumen sehingga mereka mau membeli produk kita. Bukan hanya berkeinginan membeli tetapi juga menjadi konsumen yang loyal. Jadi, kalau di sales kita berusaha memenangkan kantong konsumen, di marketing kita berusaha memenangkan persepsi konsumen.

Hubungan Sales dan Marketing

Sales baru bekerja setelah produk sudah tersedia sedangkan marketing sudah sibuk jauh hari sebelum produk diluncurkan. Adalah marketing yang merancang strategi produk melalui apa yang kita kenal dengan Segmentasi, Targeting dan Positioning (STP). STP itu lalu diwujudkan dalam marketing mix yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion (4P).

Setelah strategi marketing selesai dirumuskan, produk sudah jelas STP-nya, barulah sales bekerja. Jadi marketing ada di tingkat pemikiran sedangkan sales pada level pelaksanaan. Jika pemikirannya betul, maka pelaksanannya pun betul.

Ibarat di dunia militer, marketing adalah saat dimana rencana penyerbuan disusun. Di mana lokasi musuh, berapa kekuatannya, berapa banyak logistik yang harus disiapkan dan bagaimana cara menjangkau lokasi. Jika strategi benar, eksekusinya benar.

Dengan demikian salesman tahu harus fokus ke konsumen yang seperti apa ketika menjual produk, tidak asal ketemu orang, langsung menawarkan produk. Salesman juga tahu harus ngomong apa ke konsumen, apa yang membedakan produknya dengan kompetitor. Salesman know what to expect sehingga mereka bisa lebih efektif.

Secara singkat marketing is the brain sedangkan sales is the muscle.

Masih banyak perbedaan sales dan marketing, silakan menambahkan sendiri sesuai dengan pikiran atau pengalaman Anda.

27 Responses to “Perbedaan antara sales dan marketing”

  1. Rina Garmina Says:

    Aku setuju…. Marketer lebih fokus pada pembuatan konsep dan penyusunan strategi pemasaran seperti membuat marketing plan. Sedangkan sales bertanggung jawab pada penjualan suatu produk (barang/jasa).

    4P itu berlaku untuk barang, ya? Kalau jasa, udah berkembang jadi 7P, bukan? P tambahannya, physical evidence, process, dan people. Eh, tapi kalo gag salah, looogh. Maklum, dah lama banget gag buka2 buku pemasaran.

  2. Deriz Says:

    Thanks Rina, your the first commentator not only for the post but the blog. Menarik bicara marketing plan, karena biasanya cuma jadual kegiatan saja. Untuk jasa memang tidak cukup 4P saja, P-P yang lain. Keep visiting ya.

  3. iman Says:

    Marketing itu ibaratnya jenderal, dengan sales sebagai prajuritnya. Keduanya saling bergantung. Marketing menyusun strategi dan sales menjadi front line penjualan.
    But it doesn’t stop there….
    Sales juga harus memberikan feedback ke pihak marketing…
    Sales dapat memberikan input2 baru secara kualitatif.
    Kerjasama antar marketer dan sales harus bersifat simbiosis mutualisme, sama2 menguntungkan…
    Visi dan misi keduanya harus sejalan, sehingga dapat terus berkembang.
    Counter attack must be made to every mistakes…
    Learn from mistakes and keep growing…into a larger spiral…

    Guess that’s enough said from me. How bout you guys… whaddya think???

  4. arief Says:

    Sori .. rada OOT. Kalau di dunia kerja, komisinya gedean mana ya, marketing or sales? Trus bisa ga dua fungsi itu dipegang oleh satu orang saja, misalnya di perusahaan tidak terlalu besar dg keterbatasan SDM.

  5. adip Says:

    terima kasih atas bacaanya

  6. andy Says:

    i’m agree with the comment…..

    dunia sales adalah dunia yang penuh dengan ketidakpastian baik dari segi brand image dari suatu produk yang mungkin akan mengalami penurunan, loyalitas dari costumer, dll yang keseluruhan dapat mempengaruhi kinerja dari tenaga sales dapat mempertanggungjawabkan estimasi penjualan produk…
    oleh sebab itu lah dunia marketing sangat dibutuhkan untuk meminimalkan risk taking dari firm tersebut. as we know sistem kerja dunia marketing sangat jelas dan akurat. kesalahan dalam menyusun marketing plan akan berdampak luas pada intern perusahaan sehingga sangat dibutuhkan marketing team work yang kompak, kritis, open minded dan dinamis.
    ibarat anak kembar dengan berbagai perbedaan sikap, sifat ataupun fisik tetapi tetap SATU HATI……

    chayo………….

  7. andy Says:

    wah pengalaman pribadi neh pernh neh nglamar krj di bank posisi sales…eh pas interview malah debat pengertian sales & marketing.. Q bilang kalo sales & marketing beda tapi hrd nya ngotot kalo sales & marketing itu sama..akhirnya ga ketrima dweh he9x

  8. wiwid Says:

    menarik tulisan-nya…

    counter sales, menurut saya, tinggal di tempat (counter) sedangkan sales executive mah… harus mobile (keliling)

    bener ga ya ?, ada yg berkenan koreksi :)


  9. [...] https://smarketing08.wordpress.com/2008/07/25/beda-antara-sales-dan-marketing/ This entry was posted in Marketing and tagged definisi marketing, definisi sales, jualan, membuat [...]

  10. yadi Says:

    sales pekerjaan yang sangat menyenangkan karena selalu bertemu dengan banyak orang setip hari setiap jam

  11. yusuf Says:

    sales vs marketing
    kita misalkan aja ada perusahaan susu, marketing memang menyusun materi bagaimana susu itu bisa terjual, siapa sasarannya?sasarannya tentunya adalah toko karena perusahaan tdk bisa menjual lsg ke pembeli. siapa yg bertugas menjual susu tsb ke toko jawabannya adalah marketing. Lalu ketika susu tsb sdh sampai ditoko siapa yg bertugas memastikan bahwa susu tsb terjual dgn baik (misal dari segi bagaimana product susu tsb terdisplay dengan baik) itu adalah tugas sales. Jadi marketing bukan hanya melulu memasarkan tanpa menjual begitu sebailknya sales hanya menjual tanpa memasarkan…
    ada banyak persepsi mengenai marketing vs sales, namun itu semua tergantung dr perusahaannya sendiri (apakah perusahaan tsb menjual produknya secara lsg ke konsumen atau melalui pihak ketiga)


  12. iya sekarang makannya pakde hermawan juga rekomendasiin kalo divisi sales diubah menjadi divisi comercial, and jangan sampe nama baru ini igagenya di buat buruk kembali seperti nama sebelumnya

  13. nano Says:

    klu marketing itu ada beberapa posisi seperti marketing oficer,marketing executive,marketing manager dll sedang sales hanya itu saja posisinya yaitu eksekutor penjualan langsung,,

  14. azland Says:

    gabung la,,,,

  15. Stwsri Sri Says:

    Sales : penjual yng menjual brng dagang murni untuk menghasilkan uang, sales bagian dari marrketing
    Marketing: suatu kegiatan memasarkan produk mencakup luas < yng sebelumnya melakukan perencanaan jauh jauh hari dan khusus menguntungkan perusahaan.

    thans sedikit pengetahuanku gk tau bner /salah

  16. Eranatalia Says:

    Saya kebetulan Awal di terima kerja sebagai Marketing Executive.
    Tapi setelah berjalan setahun, kok tampaknnya tidak ada Guidance yang musti di pedomani?
    Intinya asal jualan sebanyak mungkin, orally sering di dengungkan fokus di Corporate Besar, tetapi dukungan marketing kurang dan tuntutan, “mana jualannya ” tiap hari jadikan saya membabi buta asal barang terjual. Lama kelamaan seperti Door to Door Selling.
    Apa yang salah disini? Supaya bisa di ajukan ke perusahaan.


  17. tolong kasih masukan tahap yg harus dilakukan oleh seorang marketing, meski saat ini tugas marketing dan sales dicampur adukkan

  18. Hendik Says:

    Good info,,,,i like

  19. shely Says:

    Saya setuju sekali. Marketing memang lebih butuh konsep. Gak cuma jual dan beres. Yg jd pertanyaan saya, bagaimana cara mengatasi gugup saat menghadapi customer?
    Sedangkan customer yg dihadapi itu kelas menengah keatas, yg terkadang marah2 seenaknya.

  20. benk mintosih Says:

    namnya aja udah jelas marketing memasarkan dan sales ya menjual. artinya marketing yg harus punya inteligencia tinggi , mampu membaca peta kekuatan lawan , dan juga selalau mengikuti trend, sedangkan sales yg penting berkomitmen mamapu mengetahui produk dia akan gampang menjual nya, ya bis aja melalaui sales call, atau saat expo gituuuu dahhh but it s a great owk at leats nambah wacana.

  21. benk mintosih Says:

    eh terusin dikitt Marketing itu adalah solve guest problem kalau pelanggan masalahnya tertangani pasti dia akan menjadi marketer kita… dengan WOM work of Moutg atau mulut ke mulut

  22. Anne Putri Says:

    jelaskan dimana letak perbedaan tersebut dalam marketing ! ..

  23. Don Juan Says:

    Sepertinya sebelum seseorang mencapai tingkat marketer/marketing ia harus melewati process sales.

    Krn pd saat posisi sales nantinyaia bakal bnyk memutar otak untuk menjual/membuat produk itu laku ato sampai deal di tangan konsumen.

    Jika ia dianggap mampu brkat keahliannya dan pengalaman di lapangan maka ia bisa naik tingkat mjd marketer.

    Ibarat ketentaraan, ia harus melalui proses sbg prajurit sebelum sampai mjd jendral.


  24. [...] Semasa kantoran, saya juga menemui kesukaran menjelaskan pekerjaan. Seperti dalam postingan Ayu, pertanyaannya, “Kerja di mana?” Tetangga yang bertanya di angkot saat itu tampak bingung sewaktu saya jawab, “Di perusahaan IT.” Memang dulu bidang IT belum terlalu populer. Namun saya tidak merasa “sendiri”. Sampai sekarang masih banyak orang tidak mengerti perbedaan psikolog dan psikiater, juga sales dan marketing. [...]

  25. piat Says:

    mau tanya nih, seorang sales baru yang di bilang berhasil itu berapa lama dari pertama mulai kerja sampaidapat order?

  26. Ardhy Says:

    Sy Mw Tnya Nch,klo Marketing Executive Krjanya Gmna Ya. ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: